Tanaman Daun Katuk

Tanaman Daun Katuk  – Daun katuk lazim disajikan sebagai masakan sayur bening. Karena itu, daun katuk lantas kita kenal sebagai sayuran yang hanya enak kalau dimasak sayur bening aja. Padahal tidak demikian. Daun katuk dapat dinikmati sebagai urap atau pecel dan jenis sayuran lainnya.

Tanaman Daun Katuk

Tanaman Daun Katuk

TANAMAN DAUN KATUK

Katuk Sauropus androgynus merupakan tanaman khas daerah tropis. Tumbuh berlimpah di kawasan Asia, khusunya di dataran Cina, India, Vietnam, Taiwan, Malaysia dan juga Indonesia. Daun katuk tersusun selang-seling pada satu tangkai, berbentuk lonjong sampai bundar dengan panjang 2,5 cm dan lebar 1,25-3 cm. Bunga daun katuk berbentuk tunggal berkelompok tiga. Buah bertangkai panjang 1,25cm. Tanaman katuk dapat diperbanyak dengan stek dari batang yang sudah berkayu.

Tanaman Daun Katuk dapat mengandung hampir 7% protein dan serat kasar sampai 19%. Daun ini kaya vitamin K, selain pro-vitamin A (beta-karotena), B, dan C. Mineral yang dikandungnya adalah kalsium (hingga 2,8%), besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Warna daunnya hijau gelap karena kadar klorofil yang tinggi. Daun katuk dapat diolah seperti kangkung atau daun bayam. Ibu-ibu menyusui diketahui mengonsumsi daunnya untuk memperlancar keluarnya ASI. Perlu diketahui, daun katuk mengandung papaverina, suatu alkaloid yang juga terdapat pada candu (opium). Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin.

MANFAAT DAUN KATUK UNTUK KESEHATAN

Manfaat tanaman daun katuk untuk kesehatan adalah :

  1. Membantu menyehatkan mata
    Tanaman daun katuk mengandung vitamin A yang lumayan tnggi. Kandungan betakaroten yang ada di dalamnya juga cukup tinggi dan dipercaya bisa membantu untuk mencegah terjadinya gangguan mata dan untuk membantu menjaga kesehatan mata sehingga bisa berfungsi dengan lebih optimal.
  2. Membantu mencegah penyakit osteoporosis
    Kandungan kalsium yang tinggi di dalam tanaman daun katuk bisa membantu untuk memguatkan tulang. Jika tulang di dalam tubuh kuat, maka seseorang juga akan bisa terhindar dari terjadinya pengeroposan tulang atau penyakit osteoporosis.
  3. Menjaga vitalitas pria
    Di dalam tanaman daun katuk terkandung zat aktif yang bisa membantu untuk merangsang terjadinya pembentukan hormon steroid di dalamnya misalnya adalah seperti hormon testosteron dan hormon progesteron sehingga membantu untuk meningkatkan vitalitas seksual pada pria dan membantu meningkatkan kualitas sperma pria.
  4. Kesehatan wanita
    Jika tanaman daun katuk dikonsumsi oleh wanita, senyawa aktif yang ada di dalam daun katuk akan bisa memacu terjadinya pembentukan hormon kewanitaan di dalam tubuh pria sehingga akan membuat kulit menjadi lebih halus, rambut akan lebih sehat dan bisa lebih lembut.
  5. Mengatasi penyakit kurang darah atau anemia
    Kandungan daun katuk adalah 2,7 mg zat besi. Dan juga kandungan lain di dalamnya adalah kandungan kalsium, serta daun katuk mengandung sebanyak 204 mg atau juga 4 kali lebih besar dibandingkan dengan mengonsumsi kandungan mineral serta daun kol. Sedangkan manfaat lain yang didapat dari daun katuk adalah bisa membantu untuk mencegah dan juga memperbaiki gangguan yang terjadi pada reproduksi wanita dan pria. Daun katuk juga bermanfaat dalam menghambat terjadinya penyakit jantung dan juga gangguan yang terjadi didalam pembuluh darah. Selain itu daun katuk bermanfaat dalam meningkatkan efisiensi absorpsi dalam saluran pencernaan.

EFEK SAMPING DAUN KATUK

Untuk mengonsumsi daun katuk, maka sebaiknya jangan mengonsumsi lebih dari 50 gram sehari karena hal ini akan menimbulkan efek samping yang berbahaya. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa efek samping dari daun katuk jika dimakan dengan jumlah yang besar akan menimbulkan rasa nyeri pada tubuh seseorang. Bahkan juga akan muncul suatu indikasi dari sakit kepala yang kemungkinan bisa terjadi jika mengonsumsi daun katuk dengan berlebihan. Walaupun memang hal ini tidak akan terjadi dengan begitu saja.

Selain itu, kandungan papaverina yang ada di dalamnya sebagai suatu alkaloid yang terdapat pada candu. Jika mengonsumsi dengan berlebihan maka akan menyebabkan terjadinya efek samping misalnya adalah mengalami keracunan papaverin. Untuk makan daun katuk ini maka disarankan ambil segenggam tangan saja untuk dimakan sehari. Walaupun tanaman daun katuk mempunyai banyak manfaat, namun jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa menyebabkan proses penyerapan kalsium dan juga fosfor menjadi terganggu. Efek yang terjadi adalah akan menyebabkan insomnia susah tidur, tidak enak makan dan masalah sesak nafas. Untuk ibu hamil sebaiknya jangan makan daun katuk karena akan mempengaruhi kondisi janin seseorang.

Beberapa kandungan alami yang ada di dalam daun katuk adalah :

  1. Energi 59 kal
  2. Protein 4,8 g
  3. Lemak 1,0 g
  4. Karbohidrat 11 g
  5. Serat 1,5 g
  6. Kalsium 204 mg
  7. Fosfor 83 mg
  8. Zat besi 2,7 mg
  9. Vitamin A 10,370 IU
  10. Vitamin B1 0,1 mg
  11. Vitamin C 239 mg
  12. Air 81 g

Tanaman Daun Katuk

Cara Pemesanan Daun Katuk

Kapsul Daun Katuk Tradisional, Alami dan Herbal Untuk Membantu Melancarkan dan Memperbanyak Jumlah ASI, Mencegah Osteoporosis, Meningkatkan Vitalitas Pria & Mengobati Penyakit Lainnya

Harga 1 Botol Kapsul Daun Katuk isi 80 Kapsul = Rp.115.000,-/botol

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

cara-pemesanan-cepat

Cara Pemesanan Cepat Kapsul Daun Katuk:

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Katuk, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Kapsul Daun Katuk Untuk Membantu Melancarkan dan Memperbanyak Jumlah ASI, Mencegah Osteoporosis, Meningkatkan Vitalitas Pria & Mengobati Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Katuk and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *