Manfaat Daun Katuk

Manfaat Daun Katuk – Di Indonesia, pemanfaatan daun katuk digunakan untuk melancarkan ASI, obat borok, biusl, demam dan darah kotor. Daun katuk sudah diproduksi sebagai sediaan fitofarmaka yang berkhasiat untuk melancarkan ASI. Sepuluh pelancar ASI yang mengandung daun katuk telah beredar di Indonesia pada tahun 2000.

Manfaat Daun Katuk

Manfaat Daun Katuk

KANDUNGAN DAUN KATUK

Daun katuk dipenuhi senyawa fitokimia berkhasiat obat. Dalam daun katuk sedikitnya terdapat tujuh senyawa aktif yang dapat merangsang pembentukan hormon-hormon steroid (diantaranya progesteron, estradiol, testosteron, glukokortiroid) dan senyawa eikosanoid (seperti prostaglandin, prostasiklin, tromboksan, klipoksin, leukotrin).

Jika dikonsumsi wanita, senyawa aktif dalam daun katuk dakan memacu pembentukan hormon kewanitaan, sehingga kulit menjadi halus. Rambut lebih sehat dan lembut. Sebaliknya, dalam tubuh laki-laki senyawa aktif daun katuk akan merangsang pembentukan hormon keperkasaan yang akan menggenjot vitalitas seksual. Bahkan, produksi sel sperma melaju pesat seiring dengan peningkatan kualitas sperma. Daun katuk dipuji mampu meningkatkan vitalitas dan kesuburan pria yang loyo.

Kandungan daun katuk meliputi protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B dan C, pirolidinon, dan metil piroglutamat serta p-dodesilfenol sebagai komponen minor. Selain itu, dalam daun katuk terkandung energi, hidrat arang, serat, abu, kalsium, karoten, air, senyawa saponin, flavonoid dan tanin.

Suatu penelitian menyatakan isolat fase eter dan ekstrak petroleum eter daun katuk tidak menyebabkan peningkatan seksresi air susu yang bermakna. Satu penelitian menyatakan bahwa dekok akar katuk mempunyai efek antipiretik. Infus akar katuk mempunyai efek diuretik.

MANFAAT DAUN KATUK

Daun katuk yang memiliki sifat manis pada daunnya dapat berkhasiat mendinginkan, sehingga baik untuk menurunkan demam dan membersihkan darah. Tak hanya sampai disitu manfaat daun katuk yang bervariatif, seperti :

  1. Melancarkan produksi ASI
  2. Menghasilkan ASI yang cukup baik bagi kebutuhan makanan para bayi
  3. Menambah zat besi dan nutrisi bagi ibu yang sedang dalam masa menyusui
  4. Mengobati bisul/borok, jerawat
  5. Menurunkan demam
  6. Mengobati sembelit
  7. Membersihkan darah kotor dalam jaringan dan pembuluh darah di seluruh bagian tubuh
  8. Mengobati keluhan berbagai macam penyakit kulit
  9. Bersifat diuretik atau meluruhkan pengeluaran air seni
  10. Memacu pembentukan hormon kewanitaan terutama pada kulit terutama kulit menjadi halus
  11. Meningkatkan gairah seksual bagi wanita atau pria
  12. Menambah vitalitas seksual pria
  13. Memproduksi sel sperma dan meningkatkan kualitas sperma pria
  14. Meningkatkan kesuburan pria
  15. Mencegah terjadinya pengerakan lemak pada dinding pembuluh darah (aterosklerosis)
  16. Memperkecil risiko dari penyakit jantung koroner dan stroke

Mengkonsumsi daun katuk sebaiknya diikuti dengan mengkonsumsi bahan makanan sumber mineral terutama kalsium dan fosfor. Khasiat daun katuk akan muncul secara optimal bila kondisi tubuh berfungsi secara baik dan kebutuhan akan gizi di dalam makanan keseharian terpenuhi. Khusus bagi ibu yang sedang hamil, dilarang mengkonsumsi daun katuk, karena akan mengganggu proses reproduksi.

Manfaat daun katuk dikarenakan di dalamnya mengandung 7% protein dan juga mengandung serat yang mencapai 19%. Daun katuk merupakan satu jenis herbal alami yang mengandung vitamin K, selain mengandung vitamin A, B, dan C serta asam folat. Mineral yanga da di dalam duan katuk juga mengandng kalsium, besi, fosfor, dan magnesium. Warna dari daun katuk adalah hijau gelap karena kandungan klorofil yang sangat tinggi di dalamnya. Selain itu juga, kandungan sejenis zat yang ada di dalam daun katuk bekerja sebagai laktaga. Kandungan steroid serta polifenol yang bisa membantu untuk meningkatkan kadar prolaktin. Kadar prolaktin yang sangat tinggi inilah yang bisa membantu untuk meningkatkan proses percepatan dan melancarkan ASI. Daun katuk adalah salah satu pilhan yang baik dan bijak. Namun sebaiknya jarus diimbangi dengan asupan nutrisi yang lain dengan seimbang misalnya adalah dengan mengonsumsi buah dan juga jenis kacant-kacangan. Untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal, maka daun katuk bisa dikombinasikan juga dengan herbal yang lainnya.

Cara mengolah daun katuk maka harus dilakukan dengan baik. Namun sebaiknya jangan terlalu lama memasaknya karena jika terlalu matang akan menyebakan kualitas nutrisi dan gizi yang ada di dalamnya menjadi menurun. Kandungan vitamin C yang ada di dalam daun katuk segar, namun jika dimasak terlalu matang maka kandungan vitamin C yang ada di dalmnya akan mudah rusak akibat proses pemanasan yang terlalu lama. Konsumsilah daun katuk dengan baik dan seimbang. Karena jika konsumsi daun katuk secara berlebihan hal ini akan menyebabkan terganggunya proses penyerapan kalsium dan fosfor. Baik kalsium dan juga fosfor yang ada di dalam daun katuk atau juga didalam makanan lain yang bisa Anda santap bersama masakan daun katuk.

Manfaat Daun Katuk

Cara Pemesanan Kapsul Daun Katuk
Untuk Membantu Melancarkan dan Memperbanyak Jumlah ASI, Mencegah Osteoporosis, Meningkatkan Vitalitas Pria & Penyakit Lainnya

Harga 1 Botol Kapsul Daun Katuk isi 80 Kapsul = Rp.95.000,-/botol

Cara Pemesanan : SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Katuk, Jumlah Botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Kapsul Daun Katuk Untuk Membantu Melancarkan dan Memperbanyak Jumlah ASI, Mencegah Osteoporosis, Meningkatkan Vitalitas Pria & Mengobati Penyakit Lainnya, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Daun Katuk and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>